[Review] The Batman (2022)

 


Cristopher Nolan sangat memuaskan saat menyajikan The Dark Knight pada tahun 2008, bisa dibilang itu adalah film Batman terbaik yang pernah dibuat. Meski demikian, Matt Reeves ternyata mampu membuat film Batman yang bagus dengan standar yang berbeda melalui The Batman di tahun 2022.

Yang paling mengesankan dari film ini adalah bagaimana kita diajak untuk mengenal Bruce Wayne (Robert Pattinson) sebagai Batman yang berfokus pada kemampuannya menginvestigasi kasus kejahatan bersama Jim Gordon (Jeffrey Wright), sesuatu yang tidak pernah jadi fokus utama bercerita ketika menonton film-film Batman sebelumnya. Hal itulah yang membuat film ini terasa sebagai film bergenre crime mystery ketimbang sebagai pahlawan super generik. Which is good.

Penampilan memukau ditunjukkan oleh semua pemeran pendukungnya, mulai dari Seline Kyle/Catwoman (Zoë Kravitz) yang membuat penonton pasti ingin mengenal dan ikut petualangan dia selanjutnya jika ada spin-off nya, Carmine Falcone (John Turturro), Penguin (Colin Farrell), dan tentu saja The Riddler (Paul Dano) yang menjadi sorotan, Oiya.. juga Andy Serkis yang menurut saya adalah penampilan Alfred terbaik dari yang pernah ada.

The cinematography by Greig Fraser is phenomenal! Permainan cahaya dan bayangan yang tidak hanya cantik secara estetika namun juga memberikan kekuatan bercerita di setiap adegannya. Penggunaan teknik kamera yang sering menggunakan sudut perspektif karakternya juga membuat penonton merasakan yang sedang dirasakan dalam adegan. Sungguh production design yang superb di segala sisi! Kecuali durasinya saja yang menurut saya terlalu lama untuk ditonton dalam sekali duduk. Selera.

The Batman gets to the heart of the character while maintaining his humanity. The film is grounded as it explores the depth of corruption in Gotham, while exhibiting the vigilante's skills as an intelligent detective. Reeves and his team have crafted a Batman film that offers a different side to the hero audiences have come to know and love. With exhilarating action scenes, a layered story, and in-depth characterization, The Batman is a worthy addition to the live-action DC slate.

Rating: 4/5

Posting Komentar

0 Komentar