[Review] Qodrat (2022)

 


Qodrat adalah film horror pertama Vino G. Bastian. Berhasilkah?

Bercerita tentang Ustadz Qodrat (Vino G. Bastian) yang imannya terganggu setelah anaknya, Alfi, tewas akibat ulah iblis Assuala yang gagal ia rukiah dari tubuh sang anak. Ia pun pulang ke desa pesantren tempatnya menutut ilmu. Namun, ia justru menemukan fakta bahwa warga desa tersebut mengalami gangguan supernatural, termasuk Alif, anak laki-laki yang namanya sama dengan anaknya.

Jika kamu pernah menonton film Malaysia, Munafik, kamu akan sangat familiar dengan cara Charles Ghozali menyutradarai Qodrat. Film horror yang bertema religi dengan ilmu rukiah di dalamnya ini berhasil menampilkan kengerian yang sering kita temui dalam masyarakat Indonesia tentang kerasukan.

Yang membuat Qodrat ini tampil beda adalah eksekusi produksi setiap kali iblisnya merasuki tubuh manusia, dan berbagai adegan aksi yang seolah menjadikan Ustadz Qodrat sebagai karakter superhero, membuat sinematografi yang dihadirkan terasa niat dan mewah.

Jika ada yang harus dikritik, tak lain adalah cara film ini bercerita. Banyak sekali adegan yang jumpy, plot hole tanpa penjelasan hingga akhir filmnya. Alih-alih open ending, harus diakui, itu adalah kekurangan besar dalam film yang rilis tahun 2022 ini.

Rating: 3/5

Posting Komentar

0 Komentar