Film-Film Wajib Tonton Jika Kamu Suka Alice in Borderland

Alice in Borderland adalah series action fantasy thriller original dari Netflix yang diadaptasi dari manga populer. Series ini mendapatkan rating 96% di Rotten Tomatoes. FRESH!

Maka tidak heran jika series yang disutradarai oleh Shinsuke Sato (Kingdom, Bleach, I am Hero) ini diantisipasi mendapatkan sekuelnya daam waktu dekat. Ceritanya sendiri berkisah tentang 3 teman yang terjebak dalam dunia paralel Tokyo, di mana mereka terpaksa harus bermain permainan maut yang bisa merenggut nyawa setiap saat. Untuk review lengkapnya bisa dibaca di sini.

Bagi yang sudah menonton, pasti menyadari ada banyak sekali elemen dalam Alice in Borderland yang bisa ditemukan dalam film dengan tema sejenis.

Kami merekomendasikan 5 film yang wajib kamu tonton jika kamu suka dengan Alice in Borderland (tidak berdasarkan urutan):

5. THE PURGE (2013)

The Purge adalah franchise yang paling tepat untuk ditonton jika kamu suka Alice in Borderland untuk segi survival dalam sebuah permainan maut. Meskipun dalam plotnya, yang terjadi di The Purge bukanlah sebuah permainan misterius namun merupakan sebuah hari yang dilegalkan oleh pemerintah untuk saling membunuh dan/atau membuat tindakan kriminal lainnya.

Kita akan disuguhkan bagaimana sisi manusia dan egoismenya bertaut dalam sebuah hubungan dengan manusia lainnya sebagai makhluk sosial. Sesuatu yang sering terjadi dalam permainan di Alice in Borderland.

4. BATTLE ROYALE (2020)

Battle Royale adalah film action-thriller dari Jepang yang rilis pada tahun 2000. Disutradarai oleh Kinji Fukasaku, film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama. Kesamaannya dengan Alice in Borderland adalah dari segi konsep keterpaksaan individu yang harus bermain dalam sebuah permainan maut.

Dalam film ini, para pemain game adalah sekumpulan pelajar yang diasingkan di sebuah pulau dengan dibekali berbagai senjata untuk saling membunuh. Yang menjadi pemenang adalah orang terakhir yang mampu bertahan hidup. Terdengar seperti membaca plot The Hunger Games?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa film ini adalah inspirasi yang mendunia untuk film dengan tema sejenis. Bahkan penggunaan kalung di leher yang bisa meledak pun digunakan di Alice in Borderland.

3. ESCAPE ROOM (2019)


Escape Room menjadi permainan yang populer di awal tahun 2019. Keseruan bermain dengan teman-teman untuk mencari cara lolos dari satu ruangan untuk terjebak di ruangan lainnya hingga akhirnya benar-benar keluar dari gedung bermain. Durasi bermain bisa hingga 2 jam lamanya, tapi tetap menyenangkan.

Berbeda dengan yang difilmkan, meskipun konsep escape room yang sama namun hukumannya sangat nyata dan dapat merenggut nyawa. Mulai dari terpanggang hidup-hidup, hingga tercincang.

Sama dengan apa yang kamu tonton dalam Alice in Borderland, setiap episodenya selalu berhadapan dengan jenis game yang berbeda dan dapat merenggut nyawa.

2. THE EXAM (2009)


Film psikologi thriller dari Inggris ini akan membuat kamu bertanya-tanya di sepanjang durasinya. Bercerita tentang sekelompok orang yang melamar untuk sebuah pekerjaan yang tidak dijelaskan namun dengan untung finansial yang sangat besar.

Dikumpulkan dalam sebuah ruangan tertutup dengan sebuah cermin besar dan satu orang penjaga, para pelamar ini diberikan secarik kertas kosong yang harus mereka isi sebagai bentuk tes nya. Dari hal sederhana ini, keadaan berubah dengan sangat cepat, dari mulai saling curiga hingga membunuh.

Kesamaan dengan Alice in Borderland ada pada komunikasi antar manusia yang seringkali salah paham dan membuat situasi memburuk. Sungguh sebuah kondisi yang bisa membuat penonton turut frustasi dalam ujian ini. Apa yang terjadi sebenarnya?

1. I AM A HERO (2015) 


I Am a Hero versi live action juga disutradarai oleh sutradara Alice in Borderland, Shinsuke Sato. Maka penonton pasti akan merasakan vibe yang sama ketika melihat 2 film ini, in a good way.

Film yang juga diadaptasi dari manga yang pertama rilis tahun 2009 ini bercerita tentang survival seorang pemuda bernama Hideo Suzuki yang berprofesi sebagai asisten manga dalam gempuran serangan zombie yang diakibatkan oleh virus. Ia adalah seorang pengecut yang ingin membuktikan pada diri sendiri dan orang lain bahwa ia adalah seorang pahlawan, seperti dalam komik.

Meski bukan berkonsep sebagai permainan maut, namun cerita bertahan hidup dan berkelompok serta bekerjasama dengan manusia lainnya untuk membunuh para zombie sangat relevan dengan yang terjadi di Alice in Borderland.

---

Adakah rekomendasi film/TV series lainnya yang mempunyai kesamaan dengan Alice in Borderland? Tuliskan di kolom komentar, ya!  







Posting Komentar

0 Komentar